Minggu, 15 Februari 2009

sinting gila crazy insane

sebenernya apa sih artinya gila? let's check it out

from KBBI(kamus besar bahas indonesia) we learn the definition of "gila"

G gila - ks.sakit ingatan (kurang beres ingatannya); sakit jiwa (sarafnya terganggu atau pikirannya tidak normal); tidak biasa; tidak sebagaimana mestinya; berbuat yg bukan-bukan (tidak masuk akal); terlalu; kurang ajar (dipakai sbg kata seru, kata afektif); ungkapan kagum (hebat); kk. terlanda perasaan sangat suka (gemar, asyik, cinta, kasih sayang); ks.tidak masuk akal

ok, to the topic

actually gue pengen mengutarakan pendapat gue tentang kata "gila" dari 2 sudut pandang. sudut pandang orang normal dan sudut pandang orang gila.

A. Sudut Pandang Orang Normal

kita sebagai orang normal, punya anggapan kalo orang gila itu orang yang ada di pinggir jalan atau di kolong jembatan yang ga pake baju berani keliling keliling sekitar jalanan. orang gila itu rambutnya acak acakan kaga jelas. dan orang gila itu ga perlu mikirin apa yang harus dia sendiri lakuin. biasanya sih orang normal beranggapan begitu ya. tapi kaga tau juga deh entah yang baca normal apa kaga hahahaha.

B. Sudut Pandang Orang Gila

nah, ini nih yang agak susah dimengerti. something wrong in their mind. itu kalo anggepan kita tentang mereka. actually, bagi orang gila, orang "gila" adalah orang yang pake baju, ada di dalem kendaraan, semuanya serba rapi(engga serapi orang kantoran sih, tapi tetep aja masih terawat), tampak sibuk sama urusan kerjanya lah, sekolahnya lah, pacarnya lah. bagi mereka itu pasti hal yang engga wajar, mereka punya anggapan kalo orang yang bugil kaga tau malu itu adalah normal. karena kesamaan di antara mereka(orang gila 1 dengan orang gila lain), mereka anggep yang mereka lakukan itu normal, sedangkan yang kita lakukan itu ga normal. sama halnya kayak kita, karena kita pada berbusana tau malu 1 sama laen, itu kita anggep normal, sedangkan yang orang gila lakukan itu ga normal. 

sama halnya kayak budaya, contoh aja, buat mereka orang tionghoa, makan babi dan katak itu hal normal, tetapi bagi orang muslim dan pribumi indonesia(maaf jangan tersinggung yah), itu hal yang ga normal yang ngelanggar norma agama.

contoh lagi misalnya lu(pembaca) terdampar di sebuah pulau sama suku suku yang engga dikenal, mereka makan kelabang, mereka makan kecoa, mereka makan rumput liat. seandainya lu kaga ngelakuin yang kayak mereka lakuin, mereka bakal liat lu sebagai orang ga normal. tapi bagi lu hal itu ga normal, sebab kita makan makanan yang layak dimakan setiap harinya.

PERTANYAANNYA, siapa sih yang gila? kita atau mereka? kita gila, mereka gila, gue gila, lu gila, semua gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

hayoloh, bingung kan? it's all about insanity

2 komentar:

Unknown mengatakan...

namanya relatif.HAHA.

Anonim mengatakan...

ooo..
jadi waktu itu Lw nanya gw ada KBBI itu buat bahan bLog...
haha...
bener jg yaa...
bingung sendiri jadinya...
yg giLa sapa coba...